Selasa, 08 Januari 2013

About awul-awul


Awul-awul atau sandang murah bukan merupakan hal baru dikalangan remaja. Keberadaan toko-toko sandang murah yang tersebar di Yogyakarta juga sudah banyak. Sudah beberapa tahun terakhir ini juga event pasar malam sekaten diramaikan dengan keberadaan “awul-awul”. Para pecinta sandang awul-awul khususnya remaja berburu sandang yang masih layak pakai untuk dipakai sendiri maupun dijual kembali. Kami tertarik untuk menelusur keberadaannya. Ketika kamu berkunjung ke sekaten, kami ke stand-stand awul-awul.

Menurut ardi (30), dia merupakan seorang pekerja awul-awul yang bisa dikatakan sebagai bos kecil di di stand tersebut. Pria paruh baya ini berasal dari Solo dan sudah hampir 7 tahun menggeluti bisnis awul-awul ini. Dari keterangannya, bisnis ini sangat menguntungkan, apalagi jika ada event seperti ini. Di event sekaten ini, satu petak stand harga sewanya adalah 15 juta rupiah per event (sekitar 2bulan lebih) ini. Sedangkan per harinya keuntungan kotornya sekitar 3 juta rupiah. Dalam satu event itu dia memperkerjakan 5 pekerja. Biasanya pekerja tersebut dia pekerjakan dalam event saja tidak sehari-hari.

“Barang-barang sandang import tersebut berasal dari luar negeri campuran, namun paling banyak dari jepang dan korea” ujarnya. “Jadi saya sebagai bos kecil memesan barang-barang ini kepada bos besar saya yang ada di Bali. Karena sandang ini dikirimmya di pelabuhan di Bali. Nanti dari Bali dikirim ke magelang karena toko saya di magelang” ungkap ardi.

Tidak semua bos awul-awul ini dari Solo, paling banyak dari Padang. Tapi kebanyakan semua barang diambil dari Bali. Barang sandang tersebut dikemas dalam karung-karung besar, isinya tidak beragam, namun hanya seragam, semisal celana panjang jeans, jadi satu karung tersebut isinya memang celana jeans semua. Harga per karungnya beragam, sesuai dengan jenis dan kualitasnya. Apalagi barang-barang yang ber merk, sekarungnya tetap mahal.


Harga per karungnya ditahun 90-an 100-200 ribu per karung, namun sekarang inikarena keberadaan awul-awul semakin eksis, harganyapun ikut melambung 2-3 juta per karung. Hal tersebut yang membuat harga awul-awul juga mahal.

Harga jual di awul-awul ini dapat ditawar, namun jika bermerk terkenal, harganya memang sudah miring .
Cara embedakan kualitas sandang awul-awul ini dapat dilihat dari penatannya, biasanya yang berkualitas penjual menggantung pakaian tersebut, namun jika pengunjung jeli dalam memilih, barang yang ada ditumpukan juga terkadang banyak yang bagus dan harganya lebih milih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar